indonesian | english
a | a
webershandwick asia pacific



 












Pesta panda dengan WWF di Indonesia by Annisaa Rachmawati
 
   
 
   

Dikenal di seluruh dunia akan kegiatan-kegiatan advokasinya di bidang lingkungan dan perlindungan satwa-satwa langka, World Wildlife Fund (WWF) dan timnya di Indonesia ingin merayakan hari ulang tahun mereka yang ke 50 dengan cara yang berbeda. Memanfaatkan lenggangnya jalan-jalan utama di Jakarta pada hari Minggu saat berlangsungnya “Car Free Day” pada tanggal 16 Desember 2012, tim WWF dan tim Weber Shandwick Indonesia telah bekerja sama dan berhasil menghadirkan perayaan WWF yang unik dan luar biasa!

Masih sebagai bagian dari kampanye global bertajuk “Golden Path of Love – A Tribute to Earth”, perayaan dimulai dengan sebuah parade melibatkan para aktivis lingkungan hidup yang mengenakan kostum panda sambil mengendarai sepeda dan membagikan 1.500 bibit tanaman kepada ratusan pengunjung yang hadir. Perayaan kian berkesan dengan hadirnya Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Zulkifli Hasan, Menteri Kehutanan Indonesia yang memberikan dukungan di tengah-tengah antusiasme para pengunjung. Namun yang menjadi sorotan adalah kemunculan Agus Harimurti Yudhoyono, putra pertama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, yang kemudian memimpin sekelompok tentara untuk berbaris dan melakukan flash mob mengikuti irama lagu “Gangnam Style” dengan begitu semangat.

Sebelum pelaksanaan perayaan unik tersebut, Weber Shandwick juga telah membantu mengembangkan tema kampanye global WWF serta menjadi penghubung antara WWF dengan berbagai media massa utama di Indonesia. Tim Weber Shandwick Indonesia melakukan berbagai kegiatan – mulai dari melakukan pertemuan dengan media, membuat materi komunikasi dengan media serta berkoordinasi dengan WWF – guna memastikan maksimalnya ekspos media terhadap perayaan tersebut. Setelah para “panda” berhasil membagikan bibit-bibit tanaman kepada masyarakat Jakarta, kemudian diadakan acara penanaman pohon massal di pintu air utama Jakarta. Akhirnya, serangkaian perayaan ulang tahun WWF tersebut ditutup dengan acara karpet merah sebagai puncak kegiatan yang diselenggarakan di pusat kesenian terbesar di Jakarta, Taman Ismail Marzuki, yang diisi berbagai konser musik dan teater untuk memberi dukungan penuh kepada WWF.

Seperti yang diharapkan, serangkaian program tersebut berhasil menuai sukses. Hal itu salah satunya tercermin dari banyaknya jumlah artikel di media massa mengenai acara-acara  tersebut. Lebih dari 179 artikel termuat di media cetak dan online, termasuk Jakarta Post dan Jakarta Globe yang merupakan dua surat kabar Bahasa Inggris paling terkemuka. Ditambah dengan jepretan foto oleh para pengunjung yang datang, sudah tentu perayaan tersebut juga menghasilkan tren di berbagai social media. Perayaan ini pun berhasil tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai parade sepeda “panda” terbesar di dunia.

Berkat dukungan tim Weber Shandwick di Jakarta, ribuan orang di Indonesia kini bergabung untuk memberi dukungan kepada WWF dan beserta misi–misinya.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perayaan unik ini atau bentuk kerja sama lainnya antara Weber Shandwick dan WWF di Indonesia? Hubungi Annisaa Rachmawati (arachmawati@webershandwick.com)