indonesian | english
a | a
webershandwick asia pacific



 












Membina hubungan baik dengan klien by Bobby Raharjo
 
   
 
11,06,2014    

Membuat klien bahagia dengan memberikan performa pekerjaan yang baik adalah hasil yang paling diinginkan dalam dinamika sebuah agensi. Namun dengan banyaknya hal yang dikerjakan dalam waktu yang bersamaan, seringkali pentingnya hubungan dengan klien (client relations) dilupakan dengan mudah sebagaimana pekerjaan-pekerjaan baru datang. Hasilnya, kita cenderung fokus hanya kepada apa yang kita lakukan untuk klien kita dan lupa apa yang sebenarnya kita bangun bersama mereka, yaitu hubungan profesional yang kuat yang juga sebagai fondasi untuk meraih hasil dan tujuan yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana mempertahankan hubungan yang kuat dengan klien Anda:

Kenali klien Anda lebih baik
Pelajari hal-hal menarik apa saja yang klien Anda suka, mengingat Anda akan banyak menghabiskan waktu dengan mereka selama kegiatan/program berlangsung. Sebaiknya Anda cari tahu makanan, tim olahraga atau bahkan grup musik yang klien Anda suka. Mengirimkan ucapan selamat ulang tahun dapat juga menjadi suatu hal yang begitu mereka hargai. Berpikirlah bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain lalu lakukan perlakuan tersebut ke orang lainnya.

Berkomunikasi lebih dekat
Bila kita bertanya, kita akan mendapat jawaban untuk memahami situasi lebih baik. Luangkan waktu untuk bertanya kepada klien Anda bagaimana mereka merasa atau berpendapat dan biarkan mereka berbagi observasi mereka mengenai perkembangan pekerjaan maupun performa bekerja Anda. Jangan sekali-sekali berasumsi. Lebih baik Anda bertanya langsung dan berkomunikasi dengan klien secara reguler.

Ketahui saat harus berkata ‘tidak’
Seringkali klien meminta hal-hal yang tak terpikirkan. Saat permintaan-permintaan seperti ini sebenarnya tidak termasuk dalam perjanjian, jangan ragu untuk menjelaskannya kepada mereka. Ada kemungkinan bahwa mereka tidak mengetahuinya. Selalu ingat bahwa memberikan performa kerja dengan kualitas yang bagus jauh lebih baik daripada membuat pekerjaan yang justru membahayakan hanya karena Anda ingin memuaskan permintaan klien.

Do what you are paid for
Klien menggunakan jasa kita untuk membantu memecahkan masalah. Lebih banyak masalah yang kita dapat bantu, lebih baik bagi kita. Namun satu hal yang sering terlupakan adalah bahwa kita dibayar sebagai konsultan yang artinya kita dapat memberikan konsultasi, tak hanya mengeksekusi.

Bobby Raharjo was Account Manager, Indonesia at Weber Shandwick