indonesian | english
a | a
webershandwick asia pacific



 












Lima hal penting dari program magang di PR by Bruce Pinkleton
 
   
 
   

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari pengalaman kerja magang (internship) sebagai langkah awal memulai karir Anda. Berikut adalah lima keuntungan terbesar dari internship:

Pertama, internship memberikan pengalaman yang bermanfaat untuk mempraktekan studi Anda. Pengalaman-pengalaman ini adalah pengalaman kerja professional yang lebih dari apa yang Anda belajar di kelas. Internship dapat menjadi hal penting dalam pembuatan resume Anda dan dapat mengunggulkan Anda dalam berkompetisi.

Kedua, internship memberikan Anda contoh terbaik mengenai bekerja dengan kualitas tertinggi. Saya sangat menyarankan semua pelajar public relations untuk mempunyai website sendiri yang dapat digunakan untuk menampilkan skill Anda. Tidak seperti di waktu dulu yang mengharuskan Anda repot-repot untuk membawa hard copy portfolio saat melamar pekerjaan, kini website dapat menjadi jawaban yang tepat untuk memperlihatkan kemampuan professional Anda yang tentunya dapat didapat selagi menjalankan internship.

Ketiga, internship membantu Anda membangun jaringan untuk koneksi-koneksi profesional. Menjalankan program internship dapat memberikan Anda lowongan pekerjaan dari perusahaan dimana Anda bekerja. Dan walaupun tidak dapat tawaran tersebut, Anda dapat membangun jaringan koneksi kepada orang-orang yang tepat untuk membantu Anda dalam meniti karir.

Keempat, internship menawarkan kesempatan untuk mempraktekan apa yang Anda pelajari dalam konteks professional sehingga Anda dapat mengembangkan kemampuan dan keahlian Anda. Bila Anda dapat membuktikan bahwa Anda dapat menjalankan program internship dengan baik walaupun itu hanya mengenai pekerjaan dalam skala yang kecil, seringkali manager tempat Anda bekerja akan memberik Anda pekerjaan yang lebih besar untuk menguji kemampuan Anda. Sebagaimana Anda mendapatkan pengalaman, Anda akan mulai terdorong untuk mengasah kemampuan dan keahlian Anda untuk menjadi keuntungan bagi tempat Anda bekerja maupun klien-klien. Semakin banyak kemampuan dan keahlian yang Anda punya, semakin berharga pula Anda sebagai suatu aset bagi tempat Anda bekerja.

Kelima, internship adalah cara yang baik untuk memahami apa yang Anda suka dan tidak suka dalam pekerjaan Anda. Internship menawarkan berbagai macam pekerjaan, maka jika Anda merasa tidak senang melakukan apa yang Anda lakukan, Anda dapat dengan mudah merubah haluan karir Anda dalam dunia public relations ataupun membantu Anda memahami pilihan-pilihan karir lainnya yang Anda ingin kejar.

Secara singkat: Bila Anda memiliki pengalaman tidak baik saat mencari lowongan magang, jangan menyerah dan terus cari peluang lain. Kita semua pasti pernah mengalami saat permohonan pekerjaan kita ditolak. Jangan putus asa atau menganggapnya sebagai masalah pribadi. Banyak alasan mengapa internship tidak berjalan sukses. Bila ini terjadi, pastikan bahwa pelajaran terbaik yang dapat ditarik adalah mengambilnya sebagai pengalaman berharga untuk belajar dan terus cari kesempatan-kesempatan lainnya. Apapun yang terjadi, jangan menyerah.

Bruce Pinkleton adalah seorang profesor dan head of Strategic Communication di sekolah Edward R. Murrow College of Communication di Washington State University. Beliau mengajar public relations dan kursus-kursus metode riset serta mengarahkan langsung program magang public relations. Ia adalah salah satu penulis Strategic Public Relations Management dan riset-risetnya meliputi topik-topik seperti evaluasi kampanye, pengaruh media hingga penggunaan media secara individu untuk membuat keputusan-keputusan dalam sektor kesehatan dan public affairs.

Artikel ini muncul pertama kali di blog Weber Shandwick Seattle