indonesian | english
a | a
webershandwick asia pacific



 












Indeks Gender Forward Pioneer: Perusahaan Paling Terkemuka Sedunia Memiliki Wanita Lebih Banyak Pada Manajemen Senior by Billy Chailani
 
   
 
   

Weber Shandwick merilis Indeks Gender Forward Pioneer (GFP) 2016, yang mengukur persentase wanita dalam posisi manajemen senior di 500 perusahaan Fortune Global. Indeks ini adalah suplemen untuk Gender Equality in the Executive Ranks: A Paradox - The Journey to 2030, sebuah studi global yang disponsori oleh Weber Shandwick dan KRC Research dan dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU).

Menurut Indeks GFP, hanya 10,9% eksekutif senior di 500 perusahaan terbesar di dunia merupakan wanita. Sampai saat ini,  belum ada satu perusahaan pun yang memiliki perwakilan yang sama dari pria dan wanita di jajaran atas eksekutif, dan hampir 40% memiliki tim kepemimpinan senior yang hanya terdiri dari pria. Indeks ini juga menunjukkan bahwa perusahaan "Yang Paling Dikagumi" menurut Fortune memiliki dua kali lebih banyak wanita dalam manajemen senior dibandingkan perusahaan pesaingnya (17% vs 8%, masing-masing).

Industri utama untuk wanita di manajemen senior adalah General Merchandisers (33% wanita). Amerika Utara memiliki proporsi wanita senior tertinggi (19%), sedangkan Swedia adalah pasar individu dengan proporsi wanita senior tertinggi (27%). Turki (26%) dan Australia (23%) juga menempati posisi teratas.

Pengeluaran Indeks GFP bertepatan dengan formalisasi penawaran Women Leaders Engagement dari Weber Shandwick. Weber Shandwick berkomitmen untuk membantu perusahaan meningkatkan visibilitas eksekutif wanita utama mereka. Penawaran Women Leaders Engagement berfokus untuk mengkonsultasi eksekutif C-level dan calon pemimpin wanita pada peningkatan profil mereka, baik secara eksternal dan internal, dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan memajukan penyaluran bakat wanita yang bermutu dalam organisasi mereka.