indonesian | english
a | a
webershandwick asia pacific



 












Apa sebenarnya public relations itu? by David Meerman Scott
 
   
 
   

Banyak eksekutif-eksekutif korporat dan bahkan praktisi PR yang kehilangan pengertian mengenai apa sebenarnya public relations itu. Saya masih sering mendengar bagaimana masyarakat kerap menyalahartikan media relations dengan public relations.

Public Relations (PR): bagaimana sebuah organisasi berkomunikasi dengan publik.

Masalahnya di sini adalah banyak orang mengira kita masih berada di tahun 1994 dimana satu-satunya cara efektif untuk berkomunikasi dengan publik adalah melalui media mainstream. Orang-orang ini bersikeras bahwa public relations itu bertitik berat pada hubungan dengan media. Hal ini adalah suatu kesalahan.

Media relations: bekerja sama dengan jurnalis untuk menjangkau publik.

Apa yang perlu dimengerti adalah bahwa public relations dan media relations adalah dua hal yang berbeda. Memang media relations adalah satu cara efektif untuk menarik perhatian.

Public Relations adalah konten
PR adalah mengenai bagaimana meraih audience Anda. Ada banyak cara untuk melakukannya dan tidak terpaku dengan melalui media. Konten website yang baik, video-video di YouTube, postingan di blog, ebooks, charts, grafik, foto, Twitter, Foursquare, Instagram dan masih banyak lagi.

Bonus tambahan: Nasihat karir untuk para praktisi Public Relations
Yang perlu digarisbahawi di sini adalah: Anda perlu memutuskan bila Anda ingin menjadi seorang ahli public relations (membantu orang lain menjangkau publik melalui pembuatan konten, media mainstream dan social media) atau Anda ingin berfokus kepada media relations (batasi namun perkembangkan skill Anda dalam mempengaruhi media mainstream).

Hal di atas adalah pembedaan yang penting. Bila pilihan Anda menjadi seorang ahli public relations, Anda perlu belajar skill-skill baru.

Artikel ini pertama kali muncul di blog David Meerman Scott Web Ink Now. Dipublikasi ulang dengan izin.